Marketing Plan

MARKETING PLAN

            Dalam usaha memasarkan bisnis, sekaligus produk dari Gudang Gedang Lounge & Cafe, kami meninjau beberapa aspek penting yang menunjang tingkat keberhasilan dari rencana bisnis ini.

1.    Pasar yang Dituju

Dalam bisnis ini, kami berusaha membidik kalangan anak muda dan keluarga. Oleh karena itu kami menerapkan strategi jemput bola dengan memilih lokasi di kawasan belakang kampus UNS. Kawasan belakang kampus dekat dengan kalangan anak muda, mahasiswa khususnya. Kami juga mengantisipasi keluarga yang sengaja ingin mencicipi sajian kami dengan menyiapkan tempat yang nyaman untuk mereka sekedar bersantai dan bercanda ria. Dengan memberikan kesan yang menyenangkan, kami berharap pelanggan kami tetap setia berkunjung ke gudang gedang.

2.    Tingkat Persaingan

Sejauh pengamatan kami, belum ada cafe–cafe sejenis yang menawarkan kuliner serba pisang seperti kami di kota Solo. Hal ini bisa kami jadikan peluang untuk berkembang dan merebut hati pasar. Kami akan berusaha menanamkan image unik dan positif pada pelanggan setia kami.

3.    Upaya Pemasaran

Kami mematok harga yang terjangkau bagi pelanggan kami, yaitu dengan harga Rp 5.000,- hingga Rp 15.000,- per sajian. Hal ini kami lakukan untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan menarik minat pelanggan untuk membeli produk kami sebanyak –banyaknya sekaligus sebagai upaya kami untuk memperkenalkan image kami di dalam pasar. Meskipun murah, kami tidak akan mengurangi kualitas dari sajian kami, yang enak dan sehat.
  
4.    Strategi Pemasaran

Untuk memikat pasar, Gudang Gedang Lounge & Cafe, menggunakan strategi pemasaran awal, yaitu dengan menggunakan paket promo, diantaranya dengan paket “beli 1 gratis 1” selama 1 minggu setelah opening Gudang Gedang Lounge & Cafe. Paket promo ini berarti bahwa setiap pelanggan yang membeli satu jenis menu makanan apa saja yang  tersedia, maka  pelanggan  akan  mendapatkan gratis satu jenis minuman dari menu minuman yang tersedia.  Strategi pemasaran kami yang lain yaitu dengan memasang iklan di media cetak dan elektronik, yaitu melalui koran dan radio, khususnya di wilayah Soloraya, serta membuat brosur-brosur yang akan  disebarkan di wilayah-wilayah yang strategis di kota Solo.